Acer Bakal Geser Posisi Dell di Peringkat 2?


Hanya beberapa tahun lalu, Dell berada di depan dan Acer berada di belakang ikut mengantri. Dell dan rivalnya, Hewlett-Packard (HP) merupakan juara yang sudah jelas, menjual desktop dan laptop lebih banyak dibandingkan perusahaan lainnya. Sementara itu, Acer, perusahaan Taiwan, mencoba dan gagal di tahun 1990 untuk menembus pasar U.S, dan seperti di tahun 2003 lalu, Acer menempati peringkat 7 dalam perihal penjualan di seluruh dunia.

Namun, baru-baru ini Acer semakin menanjak naik. Perusahaan IDC (International Data Corp.) menunjukkan sebuah hasil penelitian di Januari, yang menampilkan HP berada di peringkat atas, dengan penjualan 19.6 persen dari semua penjualan PC, dan Dell berada di peringkat kedua. Namun, Michael Dell memiliki alasan untuk khawatir, karena penjualan Dell mengalami penurunan 6.3 persen di kuarter keempat. Sedangkan Acer naik 25.3 persen. Hal tersebut tidak hanya menempatkan Acer di posisi 3, namun juga sekaligus mendapatkan 2 persen dari Dell, dengan 11.8 persen hingga Dell 13.7 persen. Dengan begitu, menurut seorang analyst di Taipei, Daniel Chang, Acer semakin mendekati gap ke Dell, dalam kuarter kedua atau ketiga, dan Acer mungkin akan mendahului Dell.

Lalu apa yang telah meningkatkan posisi Acer?

Perusahaan tersebut telah mendapatkan keuntungan dari pembelian Gateway yang diumumkan Agustus 2007 lalu senilai $710 juta. Gateway sendiri merupakan brand PC terbesar ketiga di U.S, dan pembelian Gateway ini telah membantu penjualan Acer. Masih menurut IDC, Acer kini menempati posisi ketiga di US dengan penjualan 2 juta komputer di kuarter keempat. Inilah yang membuat Acer berada di posisi persis di bawah Dell dan HP. Namun, dari pihak Acer belum berkomentar apapun.(h_n)

Komentar

Postingan Populer