Indonesia vs MU


Memutar Memori 34 Tahun Silam
Jakarta - Duel antara Manchester United melawan pemain-pemain Indonesia yang akan berlangsung bulan depan bukanlah kesempatan pertama. Tiga dekade silam klub top Inggris itu pernah tampil di stadion Senayan, Jakarta.

Cerita masa lalu itu terjadi saat MU menggelar tur ke kawasan Asia dan Oseania. Negara yang mendapat kesempatan untuk menjamu penghuni Old Traford itu adalah Iran, Indonesia, Hong Kong, Australia dan Selandia Baru.

MU datang ke Jakarta tidak sendiri. "Setan merah" bersama raksasa Belanda, Ajax Amsterdam, melakoni pertandingan segitiga persahabatan dengan tim nasional Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno, yang dulu masih disebut Stadion Senayan.

MU waktu itu baru menyelesaikan musimnya di Divisi II dan berhasil naik kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris. Setahun sebelumnya mereka terdegradasi, setelah berakhir era keemasan trio George Best, Denis Law, dan Bobby Charlton.

Dari pemain-pemain yang dibawa ke Jakarta, salah satu pemain yang tergolong legenda The Red Devils adalah kiper Alex Stepney. Ia membela klub tersebut dari 1966 sampai 1978, dan tampil dalam 433 pertandingan liga.

Stepney adalah kiper yang turut mengantarkan MU memenangi trofi Eropa pertamanya, saat menjuarai Piala Champions 1968. Di final di Stadion Wembley, ia tampil gemilang dan dikenang atas dua penyelamatan hebatnya pada serangan Eusebio, sampai-sampai pemain legendaris Portugal itu sempat memberi tepuk tangan pada sang kiper. Kala itu MU menang 4-1.

Indonesia yang diwakili oleh tim PSSI Tamtama mendapat kesempatan bertanding melawan MU pada 1 Juni 1975. Pertandingan ini disaksikan oleh sekitar 70 ribu penonton. Sayangnya, pertandingan berkesudahan dengan skor kacamata alias 0-0.

Susunan pemain PSSI Tamtama :
Rony Paslah, Sutan Harhara, Oyong Liza, Suaib Rizal, I. Ibrahim, Anjas Asmara, Nobon, Waskito, Djunaidi Abdillah, Risdianto, dan Andi Lala.

Susunan pemain MU :
Alex Stepney, Alex Forstyth, Arthur Alliston, Gerry Daly, Jimmy Micholl, Jim McCallog, Trevor Anderson, Sammy McIlroy, Stuart Pearson, David McCreery, dan Tony Young.

Hasil pertandingan lain:
Ajax Amsterdam vs Manchester United 3-2 (Selasa, 3 Juni 1975)
Ajax Amsterdam vs Indonesia 4-1 (Kamis, 5 Juni 1975).

Komentar

Postingan Populer