Trik Mengganti Ban Di Jalan Tol





Black Auto Tips
Trik Mengganti Ban Di Jalan Tol



Bila ditanya secara jujur, tak ada satupun pengendara mobil yang ingin mengalami pecah ban atau kempes mendadak saat di dalam jalan tol. Tetapi, kadang nasib berkata lain. Pada saat yang tidak pernah tepat, ban tiba-tiba kempes tanpa sebuah alasan pasti.

Langkah pertama kali untuk menindak lanjuti si flat tyre adalah menepi di bahu jalan tol. Bila posisi mobil ada di lajur paling luar, lakukan pemotongan jalan dengan hati-hati dan benar.

Bila perlu, lampu sein dibarengi dengan lambaian tangan saat meminta jalan. Usahakan untuk memarkirkan mobil tepat berada di sisi paling dalam bahu jalan. Pastikan kedua ban kanan berada di dalam garis putih bahu jalan dengan jarak sekitar 30-40 cm.

”Ini untuk mengurangi rasa was-was tertabrak mobil yang melintas,” tutur Muhamad Abri selaku staf operasional pusat pelayanan informasi kantor pusat Jasa Marga. Kalau sudah begini, perkakas tanda segitiga merah jadi sangat bermanfaat.

”Letakkan paling tidak 10-20 meter dari buntut mobil agar mobil lain yang memakai fasilitas bahu jalan tidak kaget melihat mobil kita menepi,” tutur Abri panjang lebar. Alternatif lain dengan menaruh ban cadangan sebagai segitiga pada jarak yang sama.

Namun kalau terpaksanya tidak membawa kunci roda, tanda segitiga atau ngeri keluar dari mobil, paling aman adalah menelpon mobil patroli atau petugas Jasa Marga yang sedang melintas. ”Nomer telpon selalu tersedia di pintu masuk ambil karcis tol,” terang salah satu humas kantor pusat Jasa Marga ini.
Pada saat mobil petugas sudah menepi di depan kita, barulah keluar dari mobil untuk melakukan penggantian ban. Dijamin utuh sampai ke tujuan!
Untuk informasi lebih dalam soal modifikasi, tips dan klub mobil, silahkan klik www.autoblackthrough.com

Komentar

Postingan Populer